Senin, 09 Maret 2020

Selain Pengadaan Barang B2B, 3 Tips Bisnis ini Perlu Anda Perhatikan


Bagi yang menggeluti dunia bisnis, Anda pasti mengenal berbagai sistem dan jenis penjualan, salah satunya adalah B2B atau business to business. Sistem bisnis B2B merupakan sistem bisnis dimana transaksi dan penjualan yang dilakukan adalah antara pembeli dengan pembeli atau perusahaan dengan perusahaan, bukan dengan konsumen. Bisnis dengan sistem B2B ini memiliki peluang dan prospek yang cukup baik, asalkan Anda paham cara melakukannya. Selain memperhatikan pengadaan barang B2B, ada beberapa tips lain yang perlu Anda perhatikan agar bisa sukses menjalankan bisnis ini.

1. Tentukan target pasar yang spesifik

Setiap produk atau bisnis yang Anda tawarkan tentu memiliki target pasar atau pembelinya tersendiri. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda menjalankan bisnis dengan sistem B2B. 

Menjual produk Anda kepada setiap orang bukanlah cara yang efisien. Anda bukan akan mendapat pembeli yang banyak, namun justru akan membuang-buang waktu Anda. Lebih baik Anda fokus untuk membangun karakter branding produk Anda dan mengarah pada target pasar yang lebih spesifik dan berpotensi tertarik pada produk Anda. Untuk menentukan target ini, Anda bisa membuat riset yang spesifik dan detail agar Anda memiliki data target konsumen yang jelas.

2. Bangun hubungan jangka panjang dengan pembeli

Jika Anda menjalankan sistem pembelian antara Anda dengan konsumen, maka rantai hubungan jual beli tersebut akan cepat terputus. Namun lain halnya jika Anda menjalankan bisnis dengan sistem B2B. Pembeli Anda tidak hanya akan bertransaksi sekali saja melainkan akan melakukan transaksi berkali-kali. 

Ini membuat Anda perlu menjaga hubungan jangka panjang agar para pembeli Anda puas bertransaksi di perusahaan Anda. Cara membangun hubungan jangka panjang ini bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan sistem pengadaan barang B2B yang lancar dan mudah bagi para pembeli. 

3. Memprioritaskan kepuasan pembeli

Ketika Anda menjadi pelaku bisnis, maka kepuasan pembeli haruslah selalu menjadi prioritas utama Anda, tidak terkecuali ketika Anda melakukan bisnis dengan sistem B2B. Justru kepuasan pembeli dalam sistem penjualan B2B menjadi lebih penting karena hal tersebut akan berdampak pada keputusan mereka selanjutnya untuk tetap membeli produk Anda atau tidak. 

Jadi, selalu berikan pelayanan yang terbaik dalam hal apapun agar pembeli Anda merasa puas. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan pembeli, misalnya dengan memberi promosi ataupun cara-cara lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan karakter pembeli Anda. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa sukses menjalankan bisnis dengan sistem B2B. Selain tips-tips penting tadi, sistem pengadaan barang B2B untuk bisnis Anda juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan agar bisnis B2B Anda bisa lebih sukses dan lancar. 

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya!

0 komentar:

Posting Komentar