Rabu, 30 Januari 2019

Internet Banking Pembayaran Digital Mudah dan Aman


Zaman dahulu semua aktifitas dilakukan dengan cara offline, namun di zaman beberapa aktifitas tertentu dilakukan dengan cara online. Contoh mudahnya adalah transaksi pembayaran dahulu dapat dilakukan dengan cara bertemu langsung, tetapi sekarang pembayaran bisa dilakukan dengan cara online menggunakan internet Banking. Kita juga tidak perlu melakukan transfer atau lainnya menggunakan ATM, cukup duduk manis di rumah maka anda bisa melakukan transaksi lewat HP dan internet. Banyak orang yang mengenal internet banking, Internet banking adalah aktivitas transaksi yang bisa dilakukan di mana saja dengan menggunakan jaringan internet.
Awalnya internet banking digunakan oleh Security First Network Bank, namun sekarang anda bisa menggunakan internet banking Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan semua bank lainnya yang memiliki nama besar  sudah memiliki fasilitas internet banking. Internet banking dikenal juga sebagai electronic banking dan virtual banking, home banking dan lain sebagainya.  Dengan melalui internet banking anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti transfer dana, cek saldo, mutasi rekening, pembayaran telephone, membayar tagihan listrik, dan masih banyak lagi lainnya.
Bagi anda yang ingin menikmati pembayaran digital ini maka harus mendaftar terlebih dahulu, caranya sangat mudah sekali yaitu dengan cara mengunjungi bank melalui customer service dan bisa juga datang ke ATM untuk melakukan pendaftaran sendiri. Untuk pendaftaran melalui CS cukup menyediakan KTP dan ATM saja, sedangkan pendaftaran melalui ATM cukup dengan memasukkan kartu ke ATM terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan menginput pin seperti biasanya, carilah menu internet banking, dan daftarkan diri anda sesuai dengan panduan di dalamnya hingga selesai.
Jika sudah selesai mendaftar maka langkah selanjutnya anda harus melakukan aktifasi terlebih dahulu dengan cara login di situs bank, ikuti panduan selanjutnya saja hingga proses selesai. Namun untuk bank Mandiri anda juga harus datang ke customer service lagi untuk mendapatkan token atau OTP sehingga anda bisa melakukan beragam transaksi. Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan internet banking, di antaranya adalah:
  • Memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan, sehingga anda tidak perlu datang ke bank atau ATM, cukup dengan duduk di rumah anda sudah bisa melakukan transaksi pembayaran atau lainnya.
  • Lebih hemat dalam biaya dan waktu, cukup dengan menggunakan HP dan internet 
  • transaksi pembayaran atau lainnya bisa dilakukan dengan cepat, tanpa harus mengantri di bank atau ATM.
  • Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan, di antaranya adalah melakukan transfer uang non tunai, bisa untuk cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, mengisi ulang pulsa elektrik, bisa melakukan pembayaran e-commerce, info kartu kredit, melihat info kurs, mengetahui program dari bank dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam penggunaan internet banking yang aman dan nyaman, ada beberapa tips yang harus anda ketahui, di antaranya adalah gunakan internet banking dengan mengunjungi situs resmi dari bank tersebut, jangan sampai anda menggunakan web lain yang rawan dengan kejahatan cyber.
Selanjutnya jangan pernah menginfokan kepada orang lain username dan pin internet banking anda, dan gantilah secara berkala agar lebih aman. Pastikan anda menghapus history di computer atau lainnya setelah melakukan transaksi jika anda melakukan transaksi di warnet atau tempat umum lainnya. Pastikan juga internet terbebas dari virus, jika mendapatkan sesuatu yang tidak wajar maka segera melapor ke pihak bank.

0 komentar:

Posting Komentar