Selasa, 28 Agustus 2018

Beberapa Kesalahan Fatal Saat Membeli Asuransi

Di era yang serba maju ini, produk keuangan banyak yang sudah berkembang pesat. Salah satunya adalah asuransi dimana permintaannya kian mengalami peningkatan. Dengan kehidupan yang serba cepat dan tak pasti ini, tentu masyarakat ingin mendapatkan jaminan dalam hidupnya. Asuransi adalah jawabannya. Bagi Anda yang berencana beli asuransi, maka pastikan mengetahui kebutuhan Anda lebih dulu. Hal ini lantaran banyak sekali nasabah asuransi yang kadang menyesal setelah membeli asuransi.


Kesalahan Umum Ketika Beli Asuransi


Dilansir dari Ciputra Life, pemahaman yang salah pada produk asuransi biasanya menjadi alasan mengapa banyak nasabah asuransi kerapkali tidak mendapatkan manfaat yang sesuai dengan ekspektasinya. Ya, ternyata banyak juga orang yang beli asuransi namun tidak sesuai dengan kebutuhannya. Jika sudah demikian, maka jangan heran jika asuransi berujung pada penyesalan. Untuk menghindari hal tersebut, maka berikut ini beberapa kesalahan umum yang kerap terjadi saat membeli asuransi yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak berkonsultasi terlebih dulu

Sebelum beli asuransi, direkomendasikan untuk berkonsultasi lebih dulu pada pakar asuransi. Hal ini dilakukan demi bisa memilih dan menentukan produk asuransi apa yang tepat untuk Anda. Tak hanya dari segi kebutuhan saja, namun konsultasi ini juga akan menyesuaikan pada kemampuan finansial yang Anda miliki. Dengan berkonsultasi, maka tiap calon nasabah akan memiliki gambaran lebih dulu agar bisa meminimalisir kesalahan dalam pemilihan produknya nantinya. Hal ini mengingat produk asuransi yang begitu banyak dengan manfaat dan keunggulan masing-masing.

2. Tidak memiliki pengetahuan yang cukup

Sebagian besar nasabah yang menyesal dalam membeli asuransi umumnya adalah karena kurangnya perhatian dan pengetahuan pada informasi asuransi yang dimilikinya. Selain itu, perihal ketentuan asuransi pun ternyata banyak nasabah yang masih tidak tahu meski sudah memiliki asuransi selama beberapa waktu. Untuk itu, sebelum beli asuransi, pastikan dulu dari segala segi mulai dari manfaat, keunggulan, fasilitas, proses klaim hingga biaya yang harus dibayarkan.

3. Memilih produk yang preminya mahal

Asuransi bukan hal yang harus dipamerkan, namun harus dilihat dari segi manfaat. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat mampu, maka Anda memilih asuransi yang preminya mahal padahal finansial kurang mencukupi. Produk asuransi yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan, bukan yang termahal. Saat ini sudah ada banyak juga perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi dengan harga terjangkau misalnya CiputraLife.com yang bisa Anda jadikan pilihan.

4. Terpaksa membeli asuransi

Terkadang saudara, keluarga atau teman Anda mungkin adalah agen asuransi. Mereka tentu akan menawarkan produk asuransi kepada Anda. Karena mereka merupakan kerabat dekat, maka akhirnya Anda membeli. Alasannya bukan karena Anda paham dengan kebutuhan asuransi, melainkan karena terpaksa. Tentu hal ini sangat salah mengingat asuransi adalah komitmen jangka panjang dimana Anda harus membayar preminya setiap bulan yang kadang mungkin memberatkan.

5. Tidak diketahui keluarga

Jika Anda membeli asuransi secara diam-diam, maka keluarga tidak akan bisa memakai manfaat asuransi tersebut secara maksimal. Nantinya apabila ada suatu hal yang terjadi pada anggota keluarga atau Anda, maka Anda tidak bisa mendapatkan hak dari asuransinya secara maksimal. Tentu sayang sekali bukan? Oleh karena itu,konsultasikan pada keluarga ketika Anda berniat membeli asuransi.

Itulah beberapa kesalahan umum namun bisa berakibat fatal yang biasa terjadi ketika beli asuransi. Setelah mengetahui kesalahan tersebut, maka diharapkan Anda bisa menghindarinya sehingga bisa jadi nasabah asuransi yang bijak.

0 komentar:

Posting Komentar