Sabtu, 26 Mei 2018

Cara merawat taman vertikal di rumah


Memiliki taman vertikal di rumah sendiri adalah sebuah harta yang tak ternilai harganya. Rumah jadi lebih hijau dan asri, sementara oksigen yang tersebar akan membuat suasana jadi lebih segar dan menyejukkan. Selain itu, taman vertikal juga sangat cocok untuk diusung oleh rumah jaman sekarang, yang lebih memaksimalkan penggunaan ruang tanpa perlu membutuhkan banyak lahan.

Seperti taman-taman pada umumnya, taman vertikal pun juga membutuhkan perawatan. Bagaimana cara agar taman ini tetap tertata dengan rapi dan tumbuhannya terus subur? Simak poin-poinnya di bawah ini.

Pemangkasan


Untuk menjaga tampilan taman vertikal agar tetap cantik dan menarik, lakukanlah pemangkasan pada bagian-bagian yang dianggap terlalu rimbun. Pemangkasan ini juga dimaksudkan agar pertumbuhan tanaman jadi rata, tanpa ada yang terhalangi oleh tumbuhan lain.

Penanggulangan Hama


Namanya hama, pasti bisa datang kapan saja tanpa memberitahu sang empunya taman vertikal. Untuk mencegah hama merusak tanaman, lakukan perawatan dengan penyemprotan atau obat khusus yang disalurkan lewat tangki penyiraman.

Penyiraman


Sebuah sistem taman vertikal yang menggunakan media rockwool biasanya butuh penyiraman rutin, empat kali sehari. Jarak penyiraman yang tepat adalah sekitar dua jam, dilakukan dari pagi sampai sore hari. Untuk setiap penyiramannya butuh waktu satu sampai empat menit. Tapi metode ini bisa berubah, sesuai dengan iklim. Khusus untuk musim kemarau dengan cuaca panas, lakukan penyiraman hingga enam kali sehari, sementara di musim penghujan, frekuensinya bisa dikurangi.

Pemeriksaan Sistem Perpipaan


Endapan-endapan yang dibawa air sering kali menyumbat lubang-lubang nozzle yang ada pada sistem perpipaan. Karena itu, lakukan pengecekan rutin agar pengairan ke taman vertikal tetap lancar dan tidak sampai membuat tanaman kering atau mati.

Untuk sistem pengairan taman vertikal terbaik, percayakan pada Rucika Standard. Merek ini telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia untuk mengalirkan air ke jutaan rumah selama puluhan tahun. Rucika Standard menjadi andalan karena tidak gampang rusak.

0 komentar:

Posting Komentar